Minggu, 28 Agustus 2011

Cara Merawat Sepeda Motor Yang Benar

Oleh : Albert B.

S
epada motor pada jaman sekarang bukanlah barang mewah lagi, hampir setiap keluarga memiliki setidaknya 1 buah sepeda motor. Sepada motor memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sekarang, sebagai alat transportasi yang paling banyak digunakan hampir di seluruh dunia. Sebagai alat transportasi yang paling banyak digunakan, terkadang kita sering melupakan perawatan pada sepeda motor yang berakibat fatal bagi kita, seperti kecelakaan saat menggunakannya. Berrikut hasil wawancara saya dengan Bapak Pamuji, beliau adalah montir sepeda motor yang telah bekerja selama 6 tahun di bengkel sepeda motor Suropati Motor, di Jalan Suropati No.28 Malang.


P
erawatan pada sepeda motor ada berbagai macam. Mengenali sepeda motor yang sedang dalam masalah adalah langkah awal dalam perawatan sepeda motor. Cara mengenali sepada motor yang dalam masalah adalah jika dipakai maka jalannya tersendat-sendat. Jika anda merasakan gejala tersebut segeralah merawat sepeda motor anda atau datang ke tempat service.
Bagian-bagian dari sepeda motor yang sering rusak adalah laker, ban roda, kampas rem, gear rantai. Pastikan anda memiliki cadangan dari spare part di atas. Penggantian oli mesin sangat diperlukaan untuk  menjaga bagian dalam mesin pada sepeda motor, maka kita harus mengganti oli mesin setiap 150 Km sekali secara berkala dan memilih oli mesin yang sesuai dengan mesin kendaraan bermotor kita.
Ada dua macam jenis kendaraan bermotor yaitu matic dan manual. Untuk kendaraan matic mengguanakan oli yang encer(10-30 SAE), sedangkan pada sepeda motor manual menggunakan oli yang kental(20-50 SAE). 
Jika anda ingin memilh spare part yang baik pada motor anda, “mintalah spare part yang original/asli”, kata beliau. Sebaiknya jika sepeda motor kita rusak, servicelah secara berkala agar sepeda motor kita tetap awet. Kita bisa merawat sepeda motor kita sendiri dengan megecek oli & air aki, sepeda motor ditaruh di dalam garasi dan memanasi sepeda motor selama 3 menit sebelum dijalankan.
Saat menggunakan sepeda motor jangan digunakan dengan beban berlebih seperti gonceng 3 orang dan dengan pemakaian kasar.
Bagian terpenting yang terpenting dalam sepeda motor yang harus kita rawat adalah membersihkan kalbulator dengan servis berkala tiap 10.000 Km. perlataan yang harus tersedia dalam merawat sepeda motor adalah satu set toolkit yang ada pada setiap pembelian sepeda motor yaitu kunci busi, tang, obeng, kunci pas (8,10,14,17).
 Masalah yang sering terjadi pada sepeda motor adalah ban yang bocor. Yang harus dilakukan adalah pengecekan tekanan angin ban setiap 3 bulan sekali. Sekian hasil wawancara saya dengan Bapak Pamuji semoga berguna bagi anda. Terima kasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hoffner

Hoffner